Perbandingan Sablon kaos DTG VS Sablon Kaos Manual di Malang

Perbandingan Sablon kaos DTG VS Sablon Kaos Manual di Malang
5 (100%) 215 votes

Di malang saat ini ada dua jenis sablon kaos yang mendominasi pasar. Yang pertama adalah sablon kaos manual. Jenis sablon ini sudah sangat lama dan sejak dulu berada di pasaran dan sampai saat ini masih dominan dalam hal produksi sablon kaos. Yang kedua adalah jenis sablon yang baru-baru ini marak berkembang yaitu teknik sablon kaos dengan menggunakan printer DTG atau direct to garment. Berikut ini keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Untuk sablon kaos manual, kelebihannya terletak pada:
1. Hasil sablon lebih awet, warna sablon lebih terang dan gambar menyatu pada kaos.
2. Harga lebih ekonomis untuk sablon dengan jumlah banyak.
3. Dengan menggunakan sablon manual anda bisa lebih variatif dari segi tekstur. Sebagai contoh, sablon kaos manual bisa memakai teknik busa atau timbul yang tidak bisa dilakukan oleh printer DTG.

Sedangkan kelemahan teknik sablon kaos manual adalah:
1. Tidak fleksibel dalam hal jumlah pembuatan, biasanya minimal order adalah 2 lusin karena tingkat kesulitan produksi satuan.
2. Jika membuat gambar dengan kualitas foto, hasilnya tidak akan maksimal. Hal ini disebabkan karena tererbatasan screen sablon dalam mencetak gambar
3. Proses pembuatan memakan waktu lama dan membutuhkan persiapan.

Saat ini penggunaan printer DTG memang banyak dipakai orang. Banyak sekali keunggulan printer DTG ini dibandingkan dengan sablon kaos manual biasa. Berikut ini adalah keunggulan sablon kaos DTG

1. Cocok untuk sablon kaos satuan. Bagi Anda yang ingin sablon kaos satuan atau mencetak kaos namun dengan jumlah satuan bisa menggunakan printer DTG karena bisa dicetak satuan tanpa ada minimum ordernya. Dibandingkan dengan sablon kaos satuan, proses sablon jauh lebih singkat dan tidak rumit. Waktunya pun lebih efisien karena proses pengerjaannya dilakukan dengan sangat cepat yakni sekitar 10 menit untuk satu kaos. Bandingkan dengan sablon kaos manual yang memerlukan banyak persiapan dan waktu sebelum memulai proses sablon.
2. Bisa mencetak gambar kualitas foto. Keunggulan hasil cetak printer DTG adalah mampu memberikan gambar dengan kualitas foto. Berapapun jumlah warna pada design anda, akan mampu diwujudkan dengan sablon kaos DTG..
3. Harga lebih ekonomis untuk produksi skala kecil. Bagi anda yang memproduksi kaos dalam skala kecil, printer DTG adalah pilihan yang tepat. Penggunaan printer ini akan menghemat waktu dan biaya, jika dibandingkan dengan sablon kaos manual biasa.

Namun demikian, cetak kaos sablon DTG juga memiliki kelemahan, antara lain:

1. Harga relatif lebih mahal dibandingkan sablon kaos manual, khususnya jika produksi dalam jumlah banyak. Jika pada sablon kaos manual, semakin banyak jumlah kaos yang diproduksi, harga akan semakin murah. Hal ini tidak berlaku ntuk sablon DTG karena biaya yang dikeluarkan untuk setiap produksi kaos tidak terpengaruh jumlah produksinya.
2. Hasil sablonan warnanya tidak bisa secerah hasil sablon kaos manual.
3. Jika menggunakan tinta warna putih pada kaos warna gelap, maka permukaan kaos menjadi lebih kasar. Hal ini disebabkan karena cairan treatment yang disemprotkan pada kaos sebelum proses cetak sablon kaos.
4. Hasil sablon tidak se-awet sablon kaos manual.

Demikianlah ulasan dari kami mengenai keunggulan printer DTG VS sablon kaos manual. Semoga bermanfaat untuk ada yang sedang ingin membuat sablon kaos di kota malang ini.

Related posts: